Annual Report: Laporan Tahunan yang Harus Dibuat Perusahaan

Annual Report: Laporan Tahunan yang Harus Dibuat Perusahaan

Bagi kamu yang memiliki bisnis atau perusahaan mungkin tak asing lagi dengan annual report. Annual report atau laporan tahunan tentu wajib menjadi perhatian khusus para pelaku usaha. Karena laporan tahunan yang baik menggambarkan performa perusahaan yang baik pula.

Laporan tahunan biasanya disusun semenarik mungkin untuk memudahkan kolega perusahaan seperti investor, dan para pemegang saham untuk mengetahui kondisi terbaru dari perusahaan. Sebuah laporan harus disusun secara sistematis dan komunikatif agar mudah saat membacanya.

Annual Report adalah: Laporan Tahunan yang Harus Dibuat Perusahaan

Agar kamu memahami lebih detail tentang annual report atau laporan tahunan. Kali ini kami mengulas tentang pengertian, manfaat dan apa saja isi di dalamnya.

Pengertian Laporan Tahunan

Laporan tahunan atau annual report adalah sebuah dokumen laporan perkembangan dan pencapaian sebuah perusahaan atau organisasi selama kurun waktu satu tahun, lalu perusahaan menerbitkannya dan mereka tujukan pada para pemegang saham, investor maupun stakeholder maupun publik. Perusahaan menyusun laporan ini sesuai data yang akurat.

Fungsi Annual Report

Laporan tahunan memiliki banyak fungsi bagi sebuah perusahaan maupun organisasi. Fungsi tersebut antara lain:

  1. Sumber dokumentasi perusahan berupa pencapaian dan prestasi selama satu tahun.
  2. Bisa membantu pemasaran dalam perusahaan sebagai dokumen yang berintegritas dan meningkatkan ketertarikan terhadap perusahaan.
  3. Sebagai dokumen penjelasan kondisi terkini dari sebuah perusahaan.
  4. Investor menggunakan annual report sebagai bahan evaluasi kinerja perusahaan.
  5. Stakeholder menggunakan laporan tahunan sebagai audit dan perpajakan.

Komponen Penyusun Utama Annual Report

Untuk membuat sebuah laporan tahunan yang baik, kamu perlu mengetahui apa saja komponen utama yang harus ada di dalamnya. Beberapa komponen tersebut antara lain:

  1. Cover yang berisi judul, logo dan tahun pembuatan laporan.
  2. Informasi umum sebuah perusahaan seperti yang tercantum dalam bagian awal company profile
  3. Dalam highlight laporan tahunan berisi operasional dan keuangan perusahaan
  4. Kata pengantar yang ditujukan pada pemegang saham
  5. Informasi di dalamnya berupa teks diagram atau chart dan foto-foto pendukung
  6. MD&A atau Management Discussions and Analysis
  7. Sub bab keuangan yang di dalamnya berisi neraca keuangan, arus kas dan pendapatan perusahaan.
  8. Dilengkapi catatan untuk bagian keuangan
  9. Laporan audit perusahaan
  10. Rangkuman data keuangan
  11. Kebijakan perusahaan terkait dengan laporan keuangan

Selain sepuluh data di atas, perusahaan juga bisa menambahkan data pelengkap lainnya dan mereka memasukkan poin penutup di bagian akhir.

Peraturan tentang Laporan Tahunan

Peraturan tentang laporan tahunan tertuang dalam Permendag No. 25 tahun 2020 yang berisi tentang :

1. Persetujuan annual report

Laporan tahunan harus mendapat audit dari akuntan publik dan mendapat persetujuan dari hasil rapat seluruh dewan komisaris perusahaan resmi. Kemudian baru laporan tersebut disahkan oleh jenderal pengembangan bisnis.

2. Pengajuan laporan tahunan

Laporan tahunan merupakan laporan dengan data paling lambat selama 6 bulan terakhir dari laporan keuangan terakhir. Dan untuk mengajukannya perusahaan harus membuat akun baru pada aplikasi Sistem Perizinan Terpadu atau SPIT milik Kemendag.

3. Izin akses

Berdasarkan keterangan kemenag, Pablik boleh meminta akses annual report dengan meminta bantuan pada Direktorat Jenderal dan akan ada biaya tertentu.

4. Sanksi bagi perusahaan yang melanggar

Bagi perusahaan yang tidak mematuhi dan tidak membuat annual report akan menerima sanksi. Sanksi tersebut berupa sanksi administratif atau dalam bentuk pencabutan izin operasional perusahaan yang melanggar.

Cara Menulis Laporan Keuangan (Annual Report)

Sebelum menulis laporan keuangan biasanya ada beberapa hal yang harus perusahaan lakukan. Kamu harus memastikan beberapa hal di atas harus tercantum dalam laporan tahunan. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat menulis laporan keuangan:

1. Tentukan tujuan dan sasaran pembuatan annual report

Langkah pertama saat kamu ingin membuat laporan tahunan adalah menentukan tujuan dan sasarannya. Saat kamu berhasil menentukan tujuan dan sasaran dalam pembuatan laporan tersebut, tentu akan memudahkan kamu untuk menyusunnya.

2. Mengumpulkan data dan informasi perusahaan yang kamu butuhkan

langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan semua data yang kamu butuhkan, data tersebut seperti data profil perusahaan, pencapaian dan penghargaan yang diperoleh perusahaan, laporan keuangan selama satu tahun secara lengkap. Kamu juga bisa menyertakan beberapa data yang sudah kami jelaskan dalam komponen apa saja yang harus ada pada laporan tahunan.

3. Menyusun semua data secara sistematis

Setelah semua data terkumpul, kamu harus menyusunnya secara sistematis. Tujuannya agar orang lain bisa lebih mudah memahami informasi data dalam laporan tahunan yang kamu buat.

4. Membuat desain yang menarik

Jangan lupa untuk membuat desain layout laporan yang menarik dan tampak profesional. Kamu bisa menggunakan tabel, foto atau grafik agar lebih menarik dan memudahkan orang lain ketika membacanya. Kamu juga bisa menyewa jasa desain annual report yang terjangkau tetapi sangat Terpercaya.

5. Melakukan audit atau pengecekan

Setelah selesai dalam penyusunanya, kamu perlu melakukan audit atau pengecekan tentang berbagai data yang sudah kamu masukkan dalam laporan. Dengan tujuan, agar tidak ada kesalahan data sebelum laporan kamu mencetak laporan tersebut. Karena saat terjadi kesalahan ketika sudah dalam mentuk media cetak, tentu kamu sudah tidak dapat merubahnya kembali.

6. Mencetak laporan annual report

Langkah selanjutnya setelah draft laporan tersebut tidak ada kesalahan di dalamnya adalah mencetaknya. Setelah dalam kondisi cetak kamu juga perlu memastikan kembali tidak ada kesalahan cetak di dalamnya.

7. Melakukan pengiriman dan distribusi

Setelah kamu mencetak semua laporan dengan benar, saatnya kamu mendistribusikannya. Kamu bisa mulai mengirim ke berbagai pihak terkait.

Demikian artikel tentang annual report atau laporan tahunan kali ini. Semoga dengan membacanya akan memberikan pengetahuan dan wawasan tentang apa itu annual report, fungsi, komponen penyusunnya dan bagaimana cara membuatnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *