Cara Mempromosikan Postingan di Instagram, Followers Auto Nambah!

Cara Mempromosikan Postingan di Instagram, Followers Auto Nambah!

Instagram, telah menjadi platform yang sangat potensial untuk mempromosikan konten kamu. Mempromosikan postingan di Instagram bukan hanya tentang meningkatkan jumlah pengikut, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan jangkauan dan interaksi. Dengan begitu, kamu bisa berinteraksi dengan audiens yang lebih luas jangkauannya.

Sebelum mengetahui cara mempromosikan postingan di Instagram, kamu perlu memperhatikan beberapa hal dasar. Seperti, pastikan postingan memiliki nilai jual atau menarik untuk dipromosikan, memiliki pesan yang jelas agar memikat perhatian pengguna Instagram, dan paling penting kamu berkomitmen degan apa yang ingin kamu promosikan.

Cara Mempromosikan Postingan di Instagram, Followers Auto Nambah!

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara mempromosikan postingan Instagram. Promosi ini jelas akan menggunakan fitur yang ada pada Instagram, bukan menggunakan jasa endorsmen dan lain sebagainya. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Pastikan Akun Tidak Pribadi

Sebelum kamu memulai promosi, perlu kamu pastikan akun Instagram kamu tidak diatur sebagai akun pribadi. Ini dikarenakan postingan yang dipromosikan perlu dapat diakses atau dapat dilihat, oleh seluruh pengguna Instagram. Bukan hanya dari pengikut akun kamu.

2. Pilih Postingan yang Tepat

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, pilihlah postingan yang menarik dan tepat untuk kamu promosikan. Pastikan di dalam postingan tersebut telah memuat hal-hal yang penting dan relevan dengan tujuan dari promosi yang kamu inginkan. Pilih postingan yang ingin Anda promosikan dengan bijaksana.

Pastikan kontennya relevan, menarik, dan memiliki tujuan yang jelas, entah itu untuk meningkatkan penjualan, interaksi, atau kesadaran merek. Dengan begitu, kamu telah memenuhi unsur utama dalam promosi, yaitu menarik perhatian pada audiens lainnya.

3. Gunakan Fitur Promosi Instagram

Setelah memposting konten pada akun Instagram, selanjutnya buka postingan yang ingin kamu promosikan. Kemudian terdapat tombol berwarna biru pada bawah postingan, yang bertuliskan “Promosikan postingan” dan kamu bisa klik tombol tersebt. Pilih tujuan kampanye Anda, seperti lalu lintas ke situs web, interaksi, atau tayangan iklan.

4. Tentukan Jangkauan Promosi

Pada tahapan ini, Instagram akan menawarkan pilihan untuk mempromosikan dengan akun iklan Facebook atau Tanpa akun Facebook. Penawaran ini juga akan menentukan fokus serta jangkauan audiens yang kamu inginkan.

5. Pilih Tindakan Audiens

Setelah memilih jangkauan postingan yang kamu promosikan, selanjutnya pilihlah apa yang kamu inginkan untuk dilakukan para pengguna Instagram saat melihat postingan kamu. Terdapat tiga pilihan, di antaranya yaitu tindakan ‘membuka profil saya’, atau ‘mengunjungi situs web saya’, atau ‘mengirimi saya pesan’.

Ketiga tawaran tersebut, sama sama menguntungkan. Namun kamu perlu cermat untuk memilih tawaran tersebut. Karena ini akan menentukan tidak lanjut dari audiens kamu. Apakah akan berhenti hanya melihat promosi tersebut, atau melanjutkan ke tahap selanjutnya sesuai tawaran yang kamu pilih.

6. Atur Target Audiens

Penting untuk menentukan target audiens kamu. Instagram memungkinkan kamu untuk bisa menyesuaikan audiens berdasarkan demografi, minat, dan perilaku. Hal ini membantu menargetkan orang-orang yang paling berpotensi untuk tertarik dengan konten kamu.

Terdapat tiga pilihan untuk menentukan target audiens potensial kamu. Pertama ‘saran pemirsa’, kemudian ‘Buat target anda sendiri’, yang terakhir ‘Kategori iklan khusus”. Pada pilihan terakhir ini biasanya seperti pembahasan tentang kredit, pekerjaan, perumahan, isu sosial, pemilu atau politik.

Biasanya yang paling umum digunakan adalah tawaran ‘Saran Pemirsa’. Tawaran ini menargetkan iklan tersampaikan kepada orang yang serupa dengan pengikut kamu. Jadi ini merupakan analisis original dari Instagram untuk kamu.

7. Atur Anggaran dan Durasi Kampanye

Tentukan anggaran harian atau total kampanye kamu. Pilih durasi kampanye, apakah itu beberapa hari atau bisa lebih lama. Pastikan anggaran dan durasi sesuai dengan kemampuan serta tujuan kamu mempromosikan postingan.

Kamu juga bisa memilih fitur menayangkan iklan tersebut sampai waktu tak terbatas, hingga kamu sendiri yang menjeda atau menghentikan iklan tersebut.

8. Review dan Konfirmasi

Tinjau kembali semua pengaturan kampanye yang kamu inginkan. Pastikan semuanya sesuai dengan tujuan kamu sebelum mengonfirmasi dan memulai promosi. Setelah memastikannya, kamu bisa melanjutkan untuk klik ‘Promosikan Postingan’ pada tombol berwarna biru, di bagian paling bawah.

9. Pembayaran dan Pelacakan Kinerja

Pilih metode pembayaran dan selesaikan proses pembayaran. Setelah promosi dimulai, pantau kinerjanya melalui analisis Instagram. Lihat jumlah tayangan, interaksi, dan pengikut baru yang mungkin muncul.

10. Evaluasi dan Sesuaikan Strategi

Setelah promosi selesai, evaluasilah hasilnya. Apa yang berhasil dan apa yang bisa diperbaiki? Gunakan pengalaman ini untuk meningkatkan strategi promosi selanjutnya. Mengevaluasi sama halnya memperbaiki segala sesuatu ke depannya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat meningkatkan visibilitas dan interaksi pada postingan kamu di Instagram. Terus eksperimen, pantau hasilnya, dan selalu sesuaikan strategi kamu dengan perubahan tren dan kebutuhan audiens mendatang.

Sekian artikel tentang cara mempromosikan postingan di Instagram. Semoga dapat membantu mengoptimalkan bisnis kamu dan menjadikan kamu lebih inovatif kedepannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *