Membuat company profile yang profesional menjadi salah satu langkah ampuh untuk memperkuat eksistensi sebuah bisnis. Dan tentu untuk membuatnya bukan hal yang mudah.
Meskipun kamu sudah memahami tentang apa itu profil perusahaan dan apa saja struktur penyusun di dalamnya pada artikel sebelumnya. Namun, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara agar semakin banyak orang tertarik pada bisnismu baik sebagai customer maupun investor.
6 Tips Membuat Company Profile yang Memikat Hati Investor dan Pelanggan
Agar kamu bisa membuat profil perusahaan profesional dan menarik bagi pembeli, kamu perlu menerapkan beberapa tips dan trik khusus saat membuatnya. Dan berikut ini kami telah merangkum beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan saat membuatnya.
1. Merumuskan Tujuan dan Target Market
Hal pertama yang harus kamu lakukan saat membuat company profile untuk bisnismu adalah, tentukan tujuan dan siapa target customer atau audience yang akan membaca company profile tersebut. Biasanya ada beberapa tujuan dalam pembuatan profil perusahaan. Tujuan tersebut antara lain :
Sebagai pengembangan bisnis
Jika kamu ingin membuat sebuah company profile dengan tujuan untuk mengembangkan bisnismu tentu target audiencenya adalah para investor, partner atau bahkan calon reseller. Tentu ada beberapa hal yang berbeda dalam penulisannya. Dan untuk memikat hati mereka, kamu perlu menambahkan beberapa keuntungan kerjasama yang bisa diperolehnya jika bergabung dalam perusahaan.
Untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa
Tujuan kedua saat membuat company profile adalah sebagai teknik marketing untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa perusahaan. Target marketnya adalah customer pengguna produk atau jasa tersebut.
Jadi dalam membuat profil perusahaan, kamu harus tahu apa tujuan yang ingin dicapai dan siapa target audience atau pembacanya. Semakin kamu bisa menggambarkan target marketnya akan semakin mudah kamu membuat profil perusahaan yang bisa menarik hati audiens atau target market.
2. Menonjolkan Manfaat dan Solusi yang Bisnismu Tawarkan
Bisnis yang bisa diterima customer, dan mampu bersaing dengan competitors adalah bisnis yang bermanfaat dan juga menjadi solusi dari masalah yang dihadapi para customer selama ini. Sehingga saat kamu membuat company profile kamu harus lebih menonjolkan manfaat dari bisnismu dan solusi apa saja yang bisnismu tawarkan.
3. Buat Desain Company Profile yang Profesional dan Menarik
Isi konten tulisan yang bagus tidak akan menarik minat orang lain untuk membacanya, jika tidak didukung dengan desain yang menarik. Pastikan untuk menggunakan pilihan warna yang konsisten dan senada dengan palet warna logo brand atau bisnismu.
Kamu bisa menggunakan diagram untuk menggambarkan data pertumbuhan perusahaan seperti angka penjualan dan sebagainya agar lebih menarik dan mudah dibaca. Selain itu kamu bisa menggunakan animasi yang sesuai agar semakin menarik dan tidak monoton.
Karena profil perusahaan sangat penting untuk mendukung perkembangan sebuah perusahaan, kamu juga bisa menggunakan jasa desain grafis profesional untuk mendesain company profile yang biasanya menyediakan segala jasa desain seperti jasa desain cover buku atau katalog produk, layout buku dan profil perusahaan. Sehingga kamu tak perlu harus bingung bagaimana cara mendesain company profile yang profesional dan menarik untuk bisnismu.
4. Cantumkan Brand Story
Belakangan ini para customer sangat menyukai produk-produk atau jasa yang memiliki brand story yang menarik. Kamu bisa memilih latar belakang berdirinya brand, dan manfaat bisnismu bagi lingkungan sekitarnya misalnya.
Brand story perusahaan memberikan dampak kedekatan emosional antara brand dan customer. Semakin menarik brand story dari bisnismu, maka akan semakin menarik customer secara emosional untuk menggunakan jasa atau produkmu.
Demikian juga dengan investor, mereka seringkali tertarik untuk berinvestasi pada bisnis-bisnis dengan brand story yang kuat. Karena mereka tahu betul brand story yang kuat juga memiliki peranan penting untuk kemajuan perusahaan. Inilah alasan bahwa brand story menjadi hal yang memikat dalam profil perusahaan.
5. Sertakan Testimoni Pelanggan dalam Membuat Company Profile
Hal penting dalam pembuatan sebuah profil perusahaan adalah galery testimoni pelanggan maupun partner bisnis. Apa saja tanggapan mereka bisa menjadi sebuah bukti nyata kredibilitas yang baik dari perusahaan tersebut.
Semakin banyak testimoni positif tentang bisnismu, maka akan semakin menarik hati banyak pelanggan dan investor baru yang menggunakan dan mendukung kemajuan bisnismu. Ini menjadi alasan kenapa testimoni menjadi salah satu hal penting dalam sebuah profil perusahaan.
6. Buat Secara Simpel dan Mudah Dipahami
Saat membuat company profile pastikan kamu menggunakan kalimat yang formal dan mudah dipahami siapapun yang membacanya. Tulislah informasi yang padat dan singkat atau tidak bertele-tele. Agar setiap orang yang membaca company profile mu bisa menangkap pesan informasi tentang perusahaan dengan baik.
Dengan memperhatikan enam tips diatas kamu akan mampu membuat company profile yang profesional dan menarik banyak orang untuk melirik bisnismu baik itu calon customer yang akan menggunakan produk atau jasa ataupun investor yang berinvestasi pada perusahaanmu.