Mengenal Katalog Produk: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Mengenal Katalog Produk: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan katalog produk. Terutama bagi kamu yang memiliki sebuah bisnis yang kecil hingga besar dan sustain. Namun, terkadang banyak yang masih merasa bingung membedakannya dengan media promosi lain.

Dahulu katalog hanya dipergunakan sebagai serenai inventaris di sebuah perpustakaan. Tapi hari ini katalog mengalami berbagai inovasi dan pergeseran fungsi sesuai perkembangan zaman. Seperti yang kamu tahu, saat ini katalog bisa menjadi sarana penunjang aktivitas promosi atau pemasaran produk maupun jasa dari sebuah perusahaan.

Untuk semakin memperdalam pengetahuan tentang katalog produk. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian katalog produk,jenis dan manfaatnya bagi sebuah perusahaan.

Apa Pengertian Katalog Produk?

Secara umum katalog produk dalam pemasaran bisa diartikan sebagai media informasi dan pemasaran dari sebuah perusahaan yang berisi daftar produk atau jasa secara detail dan lengkap kepada calon pelanggan. Dan bentuknya bisa beraneka ragam seperti buku, kertas lembaran atau digital.

Sedangkan pengertian katalog dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daftar, carik kertas atau buku yang memuat nama produk atau informasi, disusun dengan nama, harga, mutu dan cara pemesanannya. Perusahaan akan menyebarluaskannya pada para calon pelanggan potensial baik secara langsung maupun melalui e-mail dan media sosial perusahaan.

Jenis-jenis Katalog Produk atau Jasa yang Ada

Seiring perkembangan teknologi kini katalog produk yang awalnya hanya berbentuk selebaran atau buku, saat ini sudah ada berbagai jenisnya. Berikut ini beberapa jenis katalog berdasarkan bentuknya:

1. Katalog berbentuk berkas atau sheaf catalogue

Apakah kamu sudah kenal dengan katalog berkas sebelumnya? Sheaf catalogue adalah sebuah katalog yang dibuat dalam bentuk kartu kecil dan biasanya terjilid menjadi satu. Kelebihan dari katalog jenis ini, kamu bisa menggabungkan berbagai kartu katalog yang berbeda-beda sekaligus.

Namun, kelemahannya karena saat kamu sudah mencetak dan menjilidnya, kamu tidak bisa lagi menambah informasi apapun di dalamnya. Selain itu karena bentuknya yang kecil membuat katalog ini mudah hilang.

2. Katalog kartu (card catalogue)

Jenis selanjutnya yaitu card catalogue. Pada jenia ini katalog berukuran 7,5×12,5 cm yang digunakan perpustakaan untuk mencatat semua bibliografinya. Keunggulannya, saat ada informasi baru, dengan katalog ini kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam deretan kartu tersebut.

Namun, tetap saja katalog ini juga memiliki kelemahan. Dalam satu laci hanya bisa menyimpan satu tema informasi saja, tidak bisa lebih dari itu.

3. Katalog cetak

Pengertian dari katalog cetak adalah katalog yang disusun dalam sistem tertentu dan terkadang berupa bibliografi kemudian dicetak dalam satu kesatuan. Tentu kelemahannya kamu tidak bisa menambah data apapun setelah itu.

4. Katalog buku

Jenis katalog ini yang mungkin paling sering kamu temui. Katalog buku adalah sebuah katalog  yang dibuat dalam sebua buku. Jika menggunakan katalog ini kamu bisa dengan mudah membawanya kemana saja dan mencetaknya ulang dengan mudah. Namun, kelemahannya jadi mudah rusak dan usang.

5. Katalog digital

Saat ini jenis ini yang paling sering perusahaan gunakan. Katalog digital atau e-katalog adalah sebuah sistem informasi tentang sebuah produk atau jasa, yang berisi deskripsi detail seperti, jenis spesifikasi, seperti ukuran, brand atau merek dan harganya produk atau jasa dari sebuah perusahaan dan sebagai media promosi kepada calon customer. Katalog jenis ini memiliki banyak kelebihan yang ditawarkan.

Keuntungan tersebut seperti, kemudahan pelanggan untuk menjangkaunya, kamu bisa memperbaru informasi dan bisa menyampaikannya pada pelanggan dengan cepat. Namun, kelemahannya selalu bisa diakses hanya dengan paket data internet.

Manfaat dari Katalog Produk dan Jasa dalam Promosi Perusahaan

Dahulu perpustakaan adalah satu-satunya lembaga yang menggunakan katalog, tetapi kini penggunaannya semakin berkembang, yaitu sebagai media promosi produk atau jasa sebuah perusahaan kepada para customer potensialnya. Banyak sekali perusahaan atau brand yang menggunakannya karena banyak manfaat yang mereka dapatkan. Manfaat tersebut antara lain :

1. Katalog sebagai media informasi

Perusahaan menggunakan katalog sebagai media informasi kepada calon pelanggan mereka. Dengan menggunakannya perusahaan bisa dengan mudah menyampaikan berbagai informasi secara mendetail dan menyeluruh dari produk atau jasa yang mereka tawarkan.

2. Sebagai media promosi sebuah brand

Selain company profile sebuah katalog produk juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan brand awareness perusahaan . Hal ini terjadi karena pelanggan merasa sangat mudah untuk mempromosikan produk maupun jasanya. Karena katalog bisa meningkatkan brand awareness kamu harus membuat desain visual yang menarik.

Katalog yang rapi, informatif dan memiliki desain tampilan yang menarik dapat memikat hati pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan. Oleh karena itu kamu bisa membuat katalog yang baik dengan bantuan perusahaan desain katalog profesional. Agar katalog dapat semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

3. Sebagai alat komunikasi dengan konsumen

Dengan adanya katalog perusahaan bisa berkomunikasi secara efektif dan informatif kepada para calon pelanggan mereka. Dengan menggunakan katalog perusahaan tak perlu lagi selalu menjelaskan panjang lebar tentang produk atau jasa yang mereka tawarkan.

4. Katalog produk dan jasa sebagai bahan pertimbangan konsumen

Dengan berbagai spesifikasi yang tertera dalam sebuah katalog, maka para pelanggan bisa menggunakannya sebagai bahan pertimbangan. Karena dengan adanya katalog, calon konsumen bisa membandingkan produk satu dan lainnya.

Contoh Katalog yang ada

Ada beberapa contoh dari katalog yang biasa perusahaan gunakan sebagai media promosi. Contoh bentuknya adalah sebagai berikut :

  1. Katalog produk ritel
  2. Katalog barang persediaan
  3. Katalog material

Demikian artikel ini, semoga dengan berbagai penjelasan diatas kamu bisa memahami tentang apa itu katalog dan kenapa ia begitu penting bagi perusahaan. Dan jangan lupa Indo Digital Kreatif juga bisa membantumu membuat berbagai desain grafis berbagai bentuk media promosi perusahaan yang profesional.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *