Pengertian Brand Identity dan 6 Manfaatnya bagi Perusahaan atau Bisnismu

Pengertian Brand Identity dan 5 Manfaatnya bagi Perusahaan atau Bisnismu

Setiap manusia di dunia ini pasti memiliki identitasnya masing-masing yang membedakan satu dengan yang lain. Begitu pula suatu bisnis pasti ada identitas yang dibentuk sehingga berbeda dengan bisnis yang lainnya walaupun berada pada sektor bisnis yang sama dan disebut dengan brand identity.

Pengertian Brand Identity dan 6 Manfaatnya bagi Perusahaan atau Bisnismu

Brand identity ini lebih dari sekedar pada penggunaan logo yang dimiliki oleh suatu bisnis. Nah, untuk tahu lebih jelasnya tentang brand identity silakan menyimak uraian lengkapnya pada pembahasan di bawah ini:

Pengertian Brand Identity

Brand identity adalah kumpulan semua elemen yang diciptakan perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat kepada konsumennya. Melalui brand identity ini pelanggan akan mengenali suatu bisnis atau perusahaan atau membedakannya dengan bisnis atau perusahaan yang lainnya.

Perlu untuk kamu ketahui, brand identity lebih dari sekedar tentang logo. Akan tetapi brand identity ini mencakup semua elemen yang diciptakan perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat kepada konsumennya. Brand identity bisa mencangkup tentang:

  • nama merek
  • warna
  • tipografi
  • gaya visual
  • nilai-nilai perusahaanmu
  • pelayanan perusahaanmu
  • suara merek (bagaimana kamu mengkomunikasikan produkmu kepada pelanggan)
  • kesan apa yang ingin kamu peroleh dari pelanggan terkait dengan perusahaanmu atau bisnismu ketika pelanggan tersebut berinteraksi dengan perusahaanmu
  • dan lain sebagainya

Hal di atas sesuai dengan yang dikatakan oleh Senior Brand Manager Wayfair, Jared Rosen. Yang dilansir dari Hub Spot, Senior Brand Manager Wayfair, Jared Rosen mengatakan:

“Brand identity lebih dari sekadar menemukan logo yang tepat untuk ditempatkan di lengan cangkir kopi atau dipasang di atas pintu depan Anda. Ini tentang menciptakan kepribadian yang memperkuat elemen inti DNA merek Anda.”

Manfaatnya

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari brand identity yang kuat, konsisten dan tidak plagiat:

1. Membantu pelanggan mengenali bisnis atau perusahaan (brand awareness)

Manfaat brand identity yang pertama dapat membantu bisnismu menonjol atau mudah dikenali pelanggan. Sehingga bisnismu bisa dilirik atau disukai oleh pelanggan, lebih lanjut, pelanggan akan cenderung memilih produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaanmu daripada kompetitor bisnismu.

2. Membangun loyalitas pelanggan atau customer loyal

Brand identity yang kuat dapat membangun dan meningkatkan customer loyal. Pelanggan akan cenderung setia untuk selalu mengandalkan produk maupun jasa dari bisnismu untuk mengatasi permasalahan mereka. Sebab, mereka telah tahu bagaimana brand identity yang perusahaanmu miliki.

3. Menciptakan citra yang positif

Brand identity yang kuat dan konsisten dapat membantu menciptakan citra yang positif bagi merekmu. Citra yang positif ini dapat menarik konsumen baru dan meningkatkan penjualan.

4. Menarik Pelanggan Baru

Dengan brand identity yang  tidak plagiat artinya brand identity-mu unik maka hal tersebut dapat menarik perhatian pelanggan baru. Dan apabila brand identity yang kamu bentuk tersebut melekat di hati pelanggan baru tersebut, maka mereka akan berpeluang untuk menjadi pelanggan setiamu.

5. Meningkatkan penjualan

Tujuan dari membentuk atau memiliki brand identity tidak lain dan tidak bukan ialah untuk mendapatkan bahkan meningkatkan penjualan. Brand identity yang kuat, konsisten, unik, dan menarik dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau layananmu.

Jika mereka sudah mengenali dan percaya dengan bisnismu melalui brand identity yang kamu bangun, maka pelanggan lebih mungkin untuk memilih produk atau layanan perusahannmu dibandingkan dengan kompetitor.

6. Memikat investor

Dengan brand identity yang kuat, konsisten, dan unik dan manfaat dari poin satu sampai lima bisa bisnismu raih maka hal tersebut dapat memikat calon investor. Dengan demikian bisnismu akan berpeluang untuk semakin berkembang dan jadi lebih besar.

Itu dia pengertian brand identity dan manfaat yang akan bisnismu dapatkan apabila mampu membentuk brand identity yang kuat, konsisten, dan unik. Dapat kita lihat bahwa brand identity ini begitu penting, oleh sebab itu pastikan kamu bisa membangun brand identity tersebut untuk setiap elemen di bisnis yang kamu jalankan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *